9 Cara Agar Tetap "Waras"

By Unknown - Maret 20, 2018



Mereka selalu bilang, “Lagi butuh piknik” kalau sudah mentok, jenuh, sering error dan gampang marah. Baiklah ... yukk, piknik! Pikniknya kemana dulu nih?

Eh, mereka juga bilang, “Piknik itu ga perlu mahal” Ya ya… ga perlu mahal, cukup muter-muter emol trus balik lagi (ciyus loh?)

Atau kita mantai aja, menikmati keindahan alam semesta berkumpul bersama keluarga. Trus posting di medsos dan kasih caption “Bahagia itu sederhana cukup bla bla bla…”

 Lalu ada yang bilang, “Situ sih enak tinggalnya deket pantai, punya kendaraan, bla bla bla…”

 Cut it off! Berhentilah berpikir dan merasa bahwa orang lain lebih beruntung dari pada kita. Orang Jowo bilang, “Sawang sinawang.” Tidak ada yang benar-benar tau seseorang benar-benar bahagia atau tidak, selain dirinya sendiri.

 Btw saya punya beberapa tips agar kita tetap “waras” meski tanpa harus 'piknik' tips ini tiba-tiba muncul di benak saya karena mungkin saya sedang sedikit tidak “waras” hahaha who knows? Tips berikut ini mungkin tidak asing di telinga, tapi saya mencoba menyampaikannya dengan cara yang berbeda.

 Ah, intinya sih hanya ingin berbagi dan semoga bermanfaat buat kamu dan saya sendiri khususnya. Lets cekidot!


9 Cara Agar Tetap "Waras" ala HeNee


  1.  Pertama dan paling utama, berhenti berharap kepada manusia! Karena bahagiamu kamu sendiri yang ciptakan. Berharap hanya kepada Tuhanmu saja. Karena Dia yang menghadirkan kamu ke dunia ini, dan hanya Dia yang tahu apa yang terbaik untukmu. Berharaplah hanya kepada Tuhan saja, agar kita tidak kecewa.

   2. Stop melihat ke belakang! (nanti nabrak) apalagi kalau di belakang ada mantan, hadeeuh! Melihat ke belakang sekali-sekali saja, untuk mengingat kesalahan agar tidak terulang lagi.

   3. Berhenti berandai-andai! Karena berandai-andai hanya untuk orang yang tidak percaya diri, untuk orang yang tidak optimis dan untuk orang yang hidup di masa lalu. Kamu hidup di mana ghaes?


   4. Stand on your feet. Yup! Berdiri di atas kaki kamu sendiri. Karena kalau berdiri di atas kaki orang lain, itu menyakiti orang lain namanya, ghaes! Orangnya bisa marah, hadeeuh! Berdiri dan sukseslah karena usahamu sendiri. Bukan karena buah tangan orang lain. Because of what? Karena jika kamu sukses karena kerja kerasmu sendiri, kamu tidak akan sibuk membalas Budi apalagi membalas Wati (apaansih?)


   5. Stop kepo, stalking or whatever lah namanya. Apa lagi yang dikepoin medsosnya mantan (twew!) atau medsos teman yang sehari-hari update status otw kesana kemari. Stop it mba broh! Ga penting banget! Ingat, itu hanya dunia maya, it just for fun! Ingat medsos itu hanya dunia Maya, bukan dunia Budi atau pun dunia Wati (halaahh!)

  6.  Jadilah dirimu sendiri. Orang akan menganggap kamu hebat jika kamu memang hebat! Respek itu diciptakan atau dilahirkan bukan diminta. Apapun dan siapapun kamu saat ini, jadilah dirimu sendiri. Berbanggalah, karena Tuhan menciptakan kamu untuk satu alasan penting, find it out! Bersyukurlah apapun bentuknya, karena jika kamu bersyukur maka nikmatmu akan bertambah, trust it!

  7.  Positive thingking. Ini penting banget! Tanpa pikiran yang positif kamu tidak akan hidup waras. Jika kepalamu penuh dengan hal-hal negatif kamu akan rentan depresi, kecewa berlebihan dan gampang membenci. Amit-amit!


   8. Jadilah pemaaf! Bukan karena kamu lemah, justru sebaliknya. Ingat, mengakui kesalahan itu pemberani, meminta maaf itu hebat dan memaafkan itu bahagia. Kamu akan bahagia setelah kamu benar-benar mampu memaafkan, terlebih jika itu tanpa diminta. Biaskanlah sebelum tidur, memaafkan kesalahan semua orang bahkan kesalahan diri kamu sendiri.



  9.  Bersyukur dan tetaplah tersenyum! Orang-orang yang selalu tersenyum adalah mereka yang telah mampu bersyukur di dalam kesempitan dan kesusahan. Bukan untuk menutupi kesedihan, tapi karena dia tahu bahwa sebuah senyuman akan menguatkan. Bukan hanya menguatkan diri sendiri tapi menguatkan orang lain. Percayalah, senyum itu menguatkan dan membahagiakan, dan ajaibnya kebahagiaan itu akan menular kepada orang-orang di sekitar kita. Sstt! Jangan senyum-senyum berlebihan apalagi sendirian yah, malah di bilang ga waras nanti!

Nah, itulah beberapa tips dari saya yang mungkin ga penting-penting amat. Tapi, kalau menurut kamu ini penting, pliss share it ghaes! Siapa tau di luar sana ada yang membutuhkan.

Saya yakin kamu juga punya tips sendiri menjaga hidupmu agar selalu bahagia. Jika ada, jangan ragu untuk berbagi yah! Siapa tau saya butuh itu.


credit : pixabay, pinterest, instaview



  • Share:

You Might Also Like

15 komentar

  1. Simpel tipsnya, tapi suka susah ngejalaninya ya mbak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihih... point mana yang paling susah mas?

      Hapus
  2. Aaahh sukaaak tulisannya. Serius tapi santai dan sangat menghibur

    BalasHapus
  3. Wahh keren nih, semoga segera menyusul lah, aamiin

    BalasHapus
  4. Sepakat, sawang sinawang, setiap orang akan mengalami suka dan duka dalam mengarungi kehidupannya meskipun tidak selalu ditampakkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, bener banget. Intinya sih harus banyak bersyukur yah, meskipun terkadang susah utk dilakukan.

      Hapus
  5. Setuju.... Jangan berharap pada manusia.. karena kalo jatuh nanti bakal tambah sakit.. hehe

    BalasHapus