Workshop Sehari Jadi Buku

By Unknown - Maret 04, 2018

Alhamdulillah, tidak ada kata lain selain “Hebat dan Istimewa” untuk komunitas Ibu-Ibu Profesional Batam dan Rumbel Menulis Batam. Workshop yang bertajuk Sehari Jadi Buku ini diselenggarakan oleh Ibu Profesional Batam (IIP) dan komunitas menulis Kopi Write Indonesia sebagai pematerinya. Workshop ini sangat membantu para ibu-ibu di IIP Batam yang ingin sekali menerbitkan buku.




Selama beberapa kali saya mengisi materi #eaa baru kali ini saya benar-benar kagum dengan kegigihan peserta. Bagaimana tidak, hampir seluruh peserta membawa anak bahkan bayi yang usianya baru beberapa bulan. Akhirnya saya paham, kenapa mereka memilih tempat yang lesehan dalam melaksanakan workshop, biar bisa belajar sambil momong anak. Tepuk tangan untuk semangat ibu-ibu soliha ini! 

Awalnya saya ragu, “Pada bawa anak gini apa bisa konsen yak?” ternyata bisa bangeeettt! Ini terbukti dengan hasil coretan mereka. Ketika saya meminta mereka mempraktekkan materi Free Writing. Saya hanya meminta dua paragraph, tapi hasilnya rata-rata satu lembar A4 hanya dengan waktu 15 menit. Hasilnya pun sungguh membuat saya dan dua teman pemateri mba Dwi Arum dan Mba Dian Ikha Pramyanti kagum, tulisan mereka sungguh mengalir, menyentuh bahkan lucu. Suka! 

Karena kami merasa mereka sudah mempunyai kemampuan yang baik dalam menulis maka saya pribadi lebih memberi motivasi saja. Materi hanya sekilas saja saya tampilkan selebihnya lebih ke berbagi pengalaman dan motivasi agar mereka lebih percaya diri, lebih semangat dan meluruskan niat dalam menulis. 

Mau tau cara mereka menuliskan tugas? 
 Ada yang sambil berdiri menggendong anaknya yang ternyata sedang demam. Tapi tangan dan otak terus bekerja dengan seluler di genggaman. Ada juga yang sambil menenangkan anak-anak mereka yang sedang menangis. Masih banyak lagi, dan rata-rata sambil momong anak. Tidak terbayangkan oleh saya jika ada pada posisi itu, apa saya juga bisa menghasilkan coretan yang mengalir seperti mereka?

Workshop Sehari Jadi Buku yang kami (Kopi Write Indonesia) rancang ini adalah salah satu bentuk kepedulian kami dengan dunia literasi. Kami mencoba menumbuhkan semangat menulis dan membaca kepada masyarakat Indonesia. Baik kepada ibu-ibu maupun generasi muda. Kami tidak akan kenal lelah menebar manfaat kapan dan di mana pun (doakan kami istiqomah yah). 

Batam menjadi kota kedua setelah Sumedang yang kami kunjungi beberapa bulan yang lalu. Nah, kota kalian kapan? kami tunggu undangannya yah! (mengandung iklan) Karena kami yakin sekali, setiap manusia di dunia ini memiliki kisahnya sendiri. Sayang jika hanya menjadi pemanis diary atau pemenuh memori laptop saja. 

Cerita kalian pasti sangat menginspirasi, bahkan mungkin bisa membantu orang lain. Jadi, tunggu apa lagi? Abadikan kisah kita, berbagilah dengan orang banyak. Jika kita tidak ingin diketahui bahwa itu adalah hasil karya kita, nama dan tempat bisa kita samarkan. Buatlah sejarah diri kita sendiri dan abadilah. Karena ketika kita selesai menulis sebuah karya, sejatinya kita baru saja memperpanjang usia kita. 

Ketika kita tidak mampu mewariskan harta kepada anak dan cucu kita. Maka buku hasil karya kita adalah warisan terindah yang akan terus ada mendampingi mereka melalui kata-kata yang kita rangkai sedemikian rupa. Buku kita akan terus ada dan terus menebarkan manfaat dan semoga saja menjadi amal jariyah untuk kita. Aamiin.


  • Share:

You Might Also Like

8 komentar

  1. Mbak, saya terharu bacanya... Moodbooster banget. Terima kasih, Mbak. Semoga Allah memudahkan jalan kami dan kita. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, mba Juli. Hayuk tetap semangat, saling menyemangati untuk menjadi lebih baik! Aamiin.

      Hapus
  2. Terimakasih apresiasi nya mb 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba, saya juga justru banyak belajar dari mba-mba sekalian. love lovee....

      Hapus
  3. tepuk tangan....... biar tambah semangat.... setelah itu tulis...tulis dan tulis..
    Makasih ya mbak Heni, mbak dwi dan mbak dian...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoook semangaattt nuis nulis nulisss... kembali kasih mbaa

      Hapus
  4. Wah mbk, terharu saya baca nya,semangatin kami lagi donk, nagih nih workshop ala mamak.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi hayuuk rampungin dulu yang ini yah. next naik kelas, kita belajar kisah inspirasi yah, Siap?

      Hapus